selamat datang...

ini adalah blog pertamaku. postkan komentar anda, baik isi, maupun tampilannya

Rabu, 25 Januari 2012

Metodelogi Penelitian, Difinisi dan konsep dasar metodelogi penelitian


Metodelogi Penelitian
Difinisi dan konsep dasar metodelogi penelitian

Metode berkaitan dengan cara, sedangkan penelitian adalah suatu alat atau prosedur kerja untuk menyelesaikan masalah, menemukan hal baru, membuktikan suatu teori sebelumnya dan mengembangkan gagasan yang sudah ada yang didasarkan pada cara ilmiah.
Cara ilmiah merupakan kegiatan penelitian yang didasarkan pada ciri-ciri keilmuan. Yaitu, Rasional, Empiris, dan Sistematis. Rasional yaitu kegiatan penelitian dilakukan dengan cara yang masuk akal
sehingga dijangkau oleh pikiran manusia. Sedangkan Empiris berarti cara-cara dapat diamati oleh indra manusia, sehingga orang lain pun dapat melakukan hal yang sama. Dan Sistematis diartikan sebagai suatu kerja penelitian yang memiliki alur kerja tertentu atau langkah-langkah kerja penelitian yang bersifat logis.
Dari suatu penelitian akan diperoleh data empiris yang merupakan data teramati. Data itu sendiri bersifat kurang atau tidak valid, valid dan sangat valid.  Valid merupakan suatu ukuran keakuratan suatu data penelitian dengan data sebenarnya. Sebagai contoh, misalnya; di kabupaten A terdapat 600 petani yang gagal panen. Sementara data yang diperoleh dari 4 orang peneliti diantaranya; peneliti pertama menyatakan petani yang gagal panen sebanyak 800 petani, peneliti kedua menyatakan bahwa petani yang gagal panen berjumlah 200 petani, peneliti ketiga memperoleh data bahwa petani yang gagal panen berjumlah 578 petani, dan petani keempat menyatakan jumlah petani yang gagal panen berjumlah 598. Dari hasil ke-empat peneliti tersebut, peneliti pertama dan kedua dikatakan bahwa datanya tidak valid. Peneliti kedua dikatakan datanya valid. Dan peneliti ketiga dikatakan datanya sangat valid. Tapi dari urayan itu kebanyakan digunakan 2 macam keriteria kevalidtan data yaitu; valid dan tidak valid, dimana data yang dikatakan tidak valid adalah data yang jauh dibawah atau jauh diatas data sebenarnya. Sedangkan data dikatakan valid jika data hasil peneliti itu berdekatan atu berkisar antara data sesungguhnya atau persis sama dengan data sebenarnya.
Data suatu penelitian akan sulit memperoleh data yang langsung valid. Sehingga diperlukan suatu cara untuk mendekati kevalidtan, yaitu dengan suatu uji data yang disebut uji reliabilitas dan objektifitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan ketik komentar anda, atau sebuah saran