selamat datang...

ini adalah blog pertamaku. postkan komentar anda, baik isi, maupun tampilannya

Rabu, 25 Januari 2012

langkah-langkah menulis analisis SWOT


Langkah Langkah Menulis Analisis SWOT

Analisis SWOT secara umum adalah pengujian terhadap kekuatan dan kelemahan internal sebuah organisasi, serta kesempatan dan ancaman lingkungan eksternalnya. Di dalam sebuah literatur disebutkan bahwa analisis SWOT adalah perangkat umum yang didesain dan digunakan sebagai langkah awal dalam proses pembuatan keputusan dan sebagai perencanaan strategis dalam berbagai terapan.

Berikut adalah langkah2 menulis atau membuat analisis SWOT
Langkah pertama yaitu penyiapan lembar kerja.

Lembaran kerja dibuat dengan jalan menarik sebuah garis lurus berpotongan vertikal-horizontal yang membentuk empat kuadran, isikan masing-masing kuadran dengan tema; kekuatan, kelemahan, peluang/kesempatan, dan ancaman. Poin poin itu adalah komponen yang ada dalam analisis SWOT
Langkah kedua membuat daftar
membuat daftar item spesifik yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi di bawah topik masing masing. Dengan membatasi daftar sampai 10 poin atau lebih sedikit, untuk menghindari generalisasi yang berlebihan.
Langkah ketiga analisis SWOT
Langkah ini merupakan langkah yang terpisah dari daftar kerja yang telah di buat pada langkah sebelumnya. Dari organisasi atau lembaga yang akan di analisis di kotakkan menjadi beberapa poin yang kemudian di bentuk menjadi kerangka berfikir.
Langkah terakhir adalah membuat analisis dari organisasi itu pada daftar yang semestinya.
Perlu di catat bahwa kelebihan suatu organisasi diperoleh dengan bukti bukti keberhasilan sehingga dari itu dapat diturunkan menjadi daftar kelebihannya. Pada tindakan tertentu akan dibentuk sebuah masalah jika lembaga atau organisasi telah berjalan yang kemudian di kaitkan dengan gagasan ancaman yang timbul baik dari luar maupun dalam organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan ketik komentar anda, atau sebuah saran